5 Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan Tanpa Perih

cara cepat sembuhkan sariawan tanpa perih

Anda mencari tahu tentang cara cepat menyembuhkan sariawan? Sariawan yang terjadi pada mulut memang cukup mengganggu aktivitas. Terlebih lagi saat menguyah makanan, terkadang rasa perih yang tidak tertahankan datang. Sebenarnya, cara cepat menyembuhkan sariawan mudah dilakukan, bahkan tidak perih dengan menggunakan bahan alami berikut ini.

Air kelapa

Sifat elektrolit yang dimiliki oleh air kelapa berguna untuk membuat tubuh menjadi lebih dingin. Tidak hanya itu saja, air kelapa mampu mengatasi panas dalam dan menyembuhkan sariawan. Dengan mengonsumsi air kepala secara rutin juga menghindarkan tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi.

cara cepat sembuhkan sariawan

Cara cepat menyembuhkan sariawan menggunakan air kepala cukup dengan mengonsumsinya satu gelas setiap harinya. Namun untuk hasil yang lebih optimal bisa dengan mengonsumsinya 3 kali dalam sehari, yakni pagi, siang dan malam hari.

Campuran baking soda dan garam

Kandungan senyawa aktif di dalam baking soda berguna untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada pada area sariawan. Dengan begitu akan mempercepat penyembuhan sariawan. Sedangkan untuk garam sendiri akan membantu mengurangi perih akibat peradangan. Kedua bahan tersebut jika dicampurkan sangat pas sebagai cara cepat menyembuhkan sariawan.

Caranya cukup mudah, yakni dengan mencampurkan garam halus dengan bubuk baking soda. Kemudian, tambahkan air panas dan aduk hingga tercampur rata dan membentuk pasta. Aplikasikan pasta dari campuran tersebut pada area sariawan selama 10 menit. Lakukan setelah sikat gigi dan rutin minimal satu hari sekali untuk mendapatkan hasil maksimal.

Kunyit

Kunyit merupakan bahan rempah yang memang super untuk berbagai jenis gangguan pada tubuh. Jadi kunyit bukan lagi hanya digunakan sebagai bahan masakan saja. Menggunakan kunyit merupakan cara cepat menyembuhkan sariawan dengan alami. Hal tersebut dikarenakan senyawa anti bakteri di dalamnya yang membasmi kuman dan bakteri di area mulut. Selain itu, kandungan anti inflamasi berguna untuk mengatasi peradangan akibat sariawan.

Cara menggunakannya untuk penyembuhan sariawan cukup dengan menumbuk kunyit hingga benar – benar halus. Campurkan dengan menggunakan air panas secukupnya dan aduk hingga membantuk pasta. Oleskan pasta kunyit tersebut pada sariawan Anda dan diamkan selama 10 menit. Terakhir, kumur dengan air hangat hingga bersih.

Bawang putih

Bukan hanya kunyit saja yang digunakan sebagai bumbu dapur, bahkan bawang putih lebih sering digunakan. Namun, manfaat lain dari bawang putih berguna sebagai cara cepat menyembuhkan sariawan dengan alami. Bawang putih sendiri memiliki kandungan senyawa abrasif yang berguna membunuh bakteri di sekitar luka sariawan sehingga cepat sembuh.

Cara menggunakannya cukup mudah. Haluskan beberapa siung bawang putih yang masih segar. Setelah itu tempelkan tumbukan bawang putih tersebut pada sariawan Anda dan biarkan selama 10 menit. Kemudian, kumur dengan air hangat untuk membersihkannya. Ingat, lakukan hal ini setelah Anda menggosok gigi.

Buah dan daun jambu biji

Sebenarnya, sumber vitamin C tertinggi bukan di buah jeruk, melainkan di buah jambu. Maka dari itu, dengan mengonsumsi buah jambu yang tinggi akan vitamin C dengan rutin akan membantu menyembuhkan sariawan dengan sendirinya dan mencegah datang kembali. Tapi, Anda juga bisa menggunakan daun jambu sebagai cara cepat menyembuhkan sariawan. Di mana daun jambu memiliki kandungan anti bakteri yang membunuh kuman dan bakteri penyebab sariawan.

Untuk menggunakan daun jambu, bisa dengan menyiapkan daun jambu biji yang masih segar. Cuci daun jambu biji tersebut hingga benar – benar bersih. Setelah itu kunyah daun jambu biji langsung selama 10 menit. Terakhir kumur hingga bersih.

Itulah cara cepat menyembuhkan sariawan tanpa perih yang cukup mudah untuk dilakukan. Anda bisa mencoba salah satu bahan alami di atas yang cocok.